Google
 
Web ragilkbi

Rabu, 07 November 2007

Selayang Pandang KBI


KLAB BUKU INDONESIA

Berawal dari kesadaran bahwa suatu idealisme akan lebih mudah diwujudkan apabila ia dibuat menyenangkan dan juga menguntungkan maka, PT KLAB BUKU INDONESIA, sebuah perusahaan swasta nasional, sejak 1994 mendirikan KLAB BUKU INDONESIA (KBI). KBI adalah suatu jaringan penjualan langsung (direct selling) buku-buku anak. Dengan bermotokan 'MENJADIKAN MEMBACA MENYENANGKAN DAN JUGA MENGUNTUNGKAN', KBI mempunyai misi untuk menyediakan buku-buku bacaan anak yang edukatif dan rekreatif. KBI menghadirkan buku sebagai sarana hiburan tanpa menghilangkan pesan pendidikannya. Target kami adalah menjadikan kegiatan membaca sebagai pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak.
KBI beranggotakan individu-individu yang disebut dengan Anggota KBI. Anggota KBI juga bisa disebut dengan Distributor KBI. Hal ini dikarenakan setiap anggota KBI selain dapat memakai produk KBI untuk keperluan sendiri, juga mempunyai hak untuk menjual produk-produk KBI secara langsung (direct selling) ke konsumen. Untuk itu, setiap anggota KBI berhak atas Harga Distributor untuk semua produk yang dijual di KBI. Dengan menjual produk KBI, distributor mendapatkan penghasilan dengan margin keuntungan yaitu selisih dari Harga Distributor dan Harga Konsumen.
Keuntungan lain menjadi distributor KBI yaitu berhak atas komisi penjualan (bonus prestasi). Besarnya komisi penjualan tergantung dari jumlah penjualan distributor dan downlinenya (penjualan grup) dalam bulan berjalan. Selain itu distributor juga berhak atas program Member Get Member (MGM) yang memberikan keuntungan tersendiri. Ada juga hadiah-hadiah promosi yang sangat menarik setiap bulannya. Selain itu ada juga diskon untuk produk-produk tertentu yang berbeda-beda tiap bulannya.
Ada lagi keuntungan bagi para distributor KBI, yaitu berhak atas diskon sebesar 10% untuk pembelian produk dari Mitra KBI. Mitra KBI adalah perusahaan yang telah bekerjasama dengan KBI dan produk-produknya bisa didapat di KBI. Sementara ini perusahaan yang telah menjalin kerjasama dengan KBI adalah penerbit Elex Media Komputindo, Daseta, Mizan, Femina Grup, Harun Yahya, Khairul Bayan, Dolan Toys, dan lain-lain. Selain mendapatkan diskon sebesar 10% dari harga resmi (harga di toko), pembelian produk mitra KBI melalui KBI juga akan dimasukkan dalam perhitungan komisi penjualan (bonus prestasi) distributor.
Dengan berbagai keistimewaan dan keuntungan yang didapat oleh distributor KBI, maka tidaklah mengherankan jika saat ini database KBI telah mencatat lebih dari 20.000 orang distributor yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.
Dengan manajemen yang ditunjang dan dikelola dengan baik oleh tenaga-tenaga berpengalaman, didukung proses komputerisasi terpadu, serta hardware dan software yang mutakhir, menjadikan kinerja serta produktifitas KBI mencapai hasil yang optimal. Seiring dengan perkembangan, KBI terus melakukan langkah-langkah inovatif bagi pengembangan produk, pelayanan serta peningkatan potensi kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Sehingga pada gilirannya KBI dapat tetap eksis serta memiliki kemampuan untuk turut serta dalam arena persaingan pasar bebas sebagai bagian yang tak terpisahkan dari proses globalisasi ekonomi dunia pada abad millenium sekarang ini.
SISTEM PEMASARAN KBI
Sistem Pemasaran di KBI yaitu dengan Sistem Penjualan Langsung melalui Jaringan KBI. Sistem Penjualan Langsung Jaringan KBI adalah sistem pemasaran yang dirancang agar setiap orang dapat menjalankan dan memiliki usaha sendiri dengan modal yang terbatas. Setiap distributor KBI dapat menjalankan usahanya dengan menjual produk-produk KBI secara langsung ke konsumen ataupun memakai produk tersebut untuk pribadi / keluarga. Setiap distributor KBI juga dapat mengajak orang lain/relasi/teman untuk bergabung dalam kelompok usahanya. Setiap orang yang bergabung dan melakukan aktivitas pembelian akan memberikan keuntungan kepada yang mengajaknya dengan nilai prosentase yang berbeda sesuai dengan prestasi tiap-tiap distributor.
PRODUK-PRODUK KBI
Sejak awal berdirinya, KBI konsisten menghadirkan produk buku-buku anak bermutu. Dengan sistem penjualan direct selliing, menjadikan buku-buku KBI tidak dijual bebas di toko-toko buku sehingga kesan eksklusif selalu melekat pada produk-produk KBI. Kesan eksklusif ini juga tercermin dari penampilan produk-produk KBI yaitu dengan menggunakan kertas yang lux dan standar gambar/illustrasi yang berkualitas tinggi serta sampul buku yang sebagian besar menggunakan hard cover.
Hingga saat ini, KBI telah memasarkan ratusan item produk anak-anak. Produk utama KBI yang telah dikenal luas oleh masyarakat dan pemerhati dunia pendidikan dan hiburan anak-anak di Indonesia yaitu "BUKU PERANANKU". Selain itu KBI juga menghadirkan Buku Cerita dan Aktivitas.
Seiring dengan perkembangannya, sejak tahun 2003, KBI membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan yang ingin menjual produknya di KBI. Perusahaan ini disebut dengan MITRA KBI. Perusahaan yang dapat menjadi Mitra KBI adalah perusahaan yang menjual produk-produk edukatif.
- Buku Perananku
KBI adalah lembaga yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menyediakan Buku Perananku (personalized book). Buku Perananku adalah buku yang dibuat khusus sesuai pesanan. Buku Perananku menampilkan seri cerita pilihan bagi anak-anak yang terdiri dari cerita atau dongeng rakyat populer Indonesia asli serta cerita rakyat populer lainnya dari daratan Eropa, sarat dengan pesan-pesan moral yang baik bagi Anak-anak. Nama anak beserta nama teman-temannya tertulis dalam buku sebagai pemeran utama, sehingga anak seolah-olah terlibat dalam cerita. Sangat cocok sebagai hadiah ulang tahun karena nama yang memberi, tanggal pemberian beserta ucapan/pesan-pesan moral untuk anak, tertulis dalam buku tersebut.
Tiga kelebihan Buku Perananku:
1. Mendidik dan merangsang anak gemar membaca.
2. Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.
3. Memberikan kegembiraan tersendiri pada anak.
Selain itu Buku Perananku juga menyediakan judul-judul yang berisikan pesan moral dan panduan berperilaku yang baik bagi anak-anak. Secara khusus KBI menyediakan Buku Perananku untuk Anak Muslim yang berisi panduan dalam berperilaku yang Islami. Dengan dikemas dalam cerita yang menarik dan gambar-gambar yang indah, akan membuat anak tidak merasa digurui oleh buku-buku. Justru dengan namanya yang dicantumkan sebagai pemeran utama, anak akan merasakan bahwa membaca ternyata sangat menyenangkan.
Ada pula beberapa judul dari seri cerita Buku Perananku yang mengangkat sekaligus menceritakan otobiografi Anak mulai dari proses kelahirannya, saat pertama kali si Anak mulai membuka mata untuk melihat keadaaan di sekelilingnya, senyum dan tawanya yang pertama kali sampai kepada jadwal perawatan kesehatan & imunisasi yang secara keseluruhan disajikan dalam gaya bahasa yang apik (dalam 2 versi bahasa : Inggris & Indonesia) serta dilengkapi dengan photo-photo diri & ekspresi si Anak pada saat / moment yang pertama kali tersebut.
Secara keseluruhan seri cerita dari "Buku Perananku™" ini adalah berisi buku- buku cerita Anak yang berthemakan pendidikan maupun hiburan yang dikombinasikan dengan pesan-pesan moral serta keagamaan dengan tetap mengembangkan unsur kreatifitas Anak sebagai upaya membentuk sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri pada Anak.
Beberapa judul Buku Perananku yang menjadi best seller dan sudah mengalami cetak ulang berkali-kali yaitu: My Baby Book, Doaku Hari Ini, Cinderella, Putri Salju, Timun Emas, dll.
Selain buku perananku untuk anak-anak ada pula koleksi buku perananku untuk remaja dan dewasa yang mendokumentasikan perjalanan dan ungkapan perasaan cinta dan kasih sayang sepasang anak manusia dalam pergaulan pada masa pacaran dan ikatan pernikahan. Koleksi ini sangat cocok sebagai hadiah bagi pasangan sendiri ataupun bagi pasangan orang lain di hari-hari istimewa seperti pernikahan atau ulang tahun pernikahan.
- Buku Cerita & Aktivitas
Selain Buku Perananku, KBI juga menerbitkan buku-buku bermutu untuk anak-anak yang mendidik sekaligus menghibur. Buku-buku tersebut meliputi buku 'pop-up', 'cerita', maupun 'buku-buku belajar dan aktivitas' lainnya yang lebih sederhana. Dari buku-buku ini pula
beberapa institusi pendidikan menggunakannya sebagai sarana belajar dan beberapa perusahaan menggunakannya sebagai media promosi bagi produknya.
Beberapa judul buku-buku cerita dan aktivitas yang mendapat sambutan baik di antaranya: Seri Pertama Anak, One to Ten, Siapakah Aku, Aesop Fabel, dll.
- Produk MITRA KBI
Karena besarnya permintaan, baik dari distributor maupun dari konsumen, maka KBI bekerjasama dengan beberapa perusahaan MITRA KBI untuk memasarkan produk mereka di KBI. Hal ini dimaksudkan untuk menambah keuntungan (benefit) bagi distributor maupun konsumen KBI agar mereka dapat membeli produk-produk edukatif yang tersedia di pasaran tanpa repot-repot untuk pergi ke toko. Selain itu pembelian produk ini di jaringan KBI akan mendapatkan diskon sebesar rata-rata 10% dari harga resmi (harga di toko) serta dimasukkan dalam perhitungan komisi penjualan distributor
LAYANAN LAIN

Berdasarkan pengalaman kami selama hampir 10 tahun di dunia penerbitan buku bacaan anak, PT Klab Buku Indonesia melayani kebutuhan Anda untuk pembuatan buku-buku atau mainan edukatif sebagai media promosi, hadiah, program sosial, komersial dan sebagainya untuk perusahaan Anda. Kami sangat berkompeten untuk pembuatan: komik, buku cerita, puzzle, flash card, buku bacaan umum, majalah perusahaan, newsletter, mainan kayu, dan lain-lain. Tim kreatif kami akan mendesain bentuk, gambar, jalan cerita/content, tokoh/karakter, dan lain-lain, sekaligus packaging sesuai dengan keinginan Anda. Beberapa institusi pendidikan telah mempergunakan produk kami sebagai sarana pembelajaran dan beberapa perusahaan telah menggunakan jasa kami untuk membuat buku cerita sebagai media promosi produk mereka. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi kami setiap hari kerja di: 


PENUTUP
Company Profile ini dibuat sebagai paparan kualifikasi PT Klab Buku Indonesia. Selain itu company profile ini juga merupakan tinjauan kelayakan Klab Buku Indonesia di mata pihak-pihak yang berkepentingan untuk melakukan kerjasama demi kemajuan bersama. Hal-hal yang belum tercantum dalam company profile ini akan dijelaskan lebih lanjut baik secara lisan ataupun teks susulan.

Tidak ada komentar: